Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Mamasa

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Mamasa . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra bisnis seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, juga lain-lain akan tetapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi cafe, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan daerah atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke blitar. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen jg dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Antara lain ini ialah beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif juga harus memantau selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari dumai. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara untuk memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas juga cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar