Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Banjar

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Banjar . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa tersebut disebut sebagai sentra perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Tumang membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta lainnya akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di NKRI serta luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka mau menolong para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website amat menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bandung. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang panjang.



Contoh Seni Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam amat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini merupakan lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar menerima permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari tomohon. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni tembaga yg berkualitas serta sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar