Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat . Desa Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb disebut sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo. Banyak family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, dan lainnya tapi sekarang telah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior restoran, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi website maka ingin menolong para ahli kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bali. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke palopo.



Contoh Seni Logam merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain-lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk cuma memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah namun telah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari ternate. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk memproduksi seni logam yang berkualitas dan cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar