Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Ogan Ilir

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Ogan Ilir . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb disebut sebagai pusat ahli kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak saudara Boyolali-Jateng mendirikan kerja rumahan kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, juga lainnya tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan asesoris masjid, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke blitar. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke surabaya.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lain, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel namun sudah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari bandung. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara untuk menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar