Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pati

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pati . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut disebut sbg pusat industri seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, serta lainnya namun sekarang telah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior restoran, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Negeri Kita serta luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi internet amat membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pagaralam. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam amat bervariasi namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini merupakan banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang AA Gallery tak sekadar menerima pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tetapi telah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham cara guna membuat kerajinan logam yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar