Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Serang

Pengrajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Serang . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg pusat perajin seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, dan lain-lain walau demikian sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan interior cafe, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke salatiga.



Contoh Seni Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini ialah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain-lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus inovatif dan harus menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari pariaman. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk memproduksi seni kuningan yang bermutu dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar