Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bireuen

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bireuen . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb diketahui sbg sentra industri seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, & sebagainya tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan dekorasi cafe, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menarik dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke semua daerah & manca negara. Teknologi internet begitu menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tegal.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya tentu auto ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga wajib kreatif & wajib memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak cuma mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah namun sudah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham teknik guna menghasilkan seni tembaga yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar