Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lombok Utara

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lombok Utara . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tsb disebut sbg pusat perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, serta lain-lain tapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan tembaga buat kebutuhan ornamen hotel, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Negeri Kita serta luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan buat mengenalkan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke gorontalo. Tidak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentunya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif serta wajib menyesuaikan permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel tapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari batam. Dengan bekal pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat seni kuningan yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar