Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lombok Tengah

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lombok Tengah . Desa Tumang, Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut dikenal sebagai sentra industri kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara di sana memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak pasar. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, and lainnya namun sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior cafe, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di NKRI and manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi website membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke manado. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya design sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lainnya, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib kreatif and wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery nggak hanya meraih permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tetapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak hanya satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari prabumulih. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat seni logam yg berkualiti and sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar