Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Serdang Bedagai

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Serdang Bedagai . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan tsb dikenal sbg pusat pengusaha kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga di sana memilih kerja rumahan kerajinan logam buat dijual ke banyak pasar. Keahlian menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan eksterior cafe, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke sibolga. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke madiun.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan harus kreatif dan harus memantau keinginan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah tapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari lubuklinggau. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode guna memproduksi seni kuningan yg berkualiti dan cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar