Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Mempawah

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Mempawah . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, & lain-lain tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan ornamen hotel, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga buat menawarkan produknya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke denpasar.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan selera konsumen. Masa ini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari bontang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi seni logam yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar