Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Klungkung

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Klungkung . Desa Tumang, Cepogo lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Desa Tumang tsb dikenal sebagai sentra perajin seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Boyolali-Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, and lainnya akan tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior hotel, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menggeliat dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta pusat. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib kreatif and wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya memperoleh pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari denpasar. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode guna menghasilkan seni kuningan yg memiliki kualitas and sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar