Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Asahan

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Asahan . Desa Tumang, Boyolali lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb diketahui sebagai pusat perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali. Banyak family Boyolali-Jateng mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan sebagainya namun sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi restoran, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan logam meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke medan. Tak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam namun AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini yaitu banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain semestinya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari bogor. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin paham teknik guna membuat seni kuningan yang ber-quality dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar