Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lebong

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lebong . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra bisnis seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Cepogo-Boyolali memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lain-lain walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan eksterior restoran, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke ambon. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain, perajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak hanya memperoleh orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat keperluan interior rumah tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari yogyakarta. Bermodal pengalaman puluhan tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk membuat seni tembaga yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar