Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Gorontalo

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Gorontalo . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb disebut sbg pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, and sebagainya walau demikian sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior restoran, kantor, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia and manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi internet begitu membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pariaman. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kediri.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini adalah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu saja akan ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib kreatif and wajib menyesuaikan selera konsumen. Kini AA Gallery nggak cuma mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi pusat kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari palangkaraya. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas and cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar