Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Kampung tsb dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jateng memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, & sebagainya akan tetapi masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita & luar negeri. Orderan kerajinan kuningan meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke banten. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke mataram.



Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai design pribadi AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya jg murah sebab bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa menerima harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery tdk hanya menerima pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari jambi. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna membuat seni logam yg berkelas & sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar