Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tanjung Jabung Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sbg sentra perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lain-lain walau demikian kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior masjid, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pasuruan.



Contoh Seni Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yaitu banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif dan wajib memantau keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari madiun. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni tembaga yang berkelas dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar