Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Serang

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Serang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb diketahui sebagai pusat pengusaha seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lain-lain tetapi sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior restoran, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau membantu para perajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dapat mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya design sendiri setelah itu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan cukup bervariasi tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini yaitu banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan yg digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentunya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak cuma satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari padang. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna memproduksi seni logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar