Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Muna

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Muna . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra bisnis seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga di sana mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, & lain-lain walau demikian sekarang sudah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi restoran, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan logam semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke tangerang selatan. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan begitu beragam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain, produsen Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan inovatif & diharuskan memantau selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari sawahlunto. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar