Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Tengah

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara di sana mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga sebagainya walau demikian sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan ornamen hotel, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, saat ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke sukabumi. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke batu.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah karena bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lain, pengrajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari bandar lampung. Dengan modal pengalaman puluhan tahun membuat seni kuningan, AA Gallery semakin paham teknik untuk membuat seni kuningan yang ber-quality juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar