Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Timur

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Timur . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family di sana mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, dan sebagainya walau demikian kini telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen hotel, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dg naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke medan. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga beragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan wajib inovatif dan wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekedar meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tetapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekedar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari tarakan. Bermodal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham teknik guna memproduksi kerajinan logam yang berkualiti dan cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar