Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Jembrana

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Jembrana . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tsb diketahui sbg sentra pengrajin kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga sebagainya akan tetapi kini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, rumah, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Negeri Kita juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya merupakan hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.



Contoh Seni Logam merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya auto dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lain-lain, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tak hanya meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari balikpapan. Dengan modal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni kuningan yang ber-quality juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar