Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lampung Timur

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lampung Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Jateng memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya walaupun demikian sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan nasional atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di NKRI dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke langsa. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke probolinggo.



Contoh Kerajinan Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan amat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini ialah beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, ahli kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery nggak sekedar meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari serang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang memiliki kualitas dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar