Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Serdang Bedagai

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Serdang Bedagai . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg pusat pengrajin seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak family Tumang memilih kerja rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, & sebagainya tapi masa ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan eksterior masjid, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke bengkulu. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib kreatif & wajib menyesuaikan keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk hanya mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor namun sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari binjai. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode guna menghasilkan seni kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar