Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Surabaya

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Surabaya . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat produsen seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lain-lain namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke medan. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain, pengrajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau selera pasar. Masa ini AA Gallery tidak hanya menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari pekanbaru. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna membuat kerajinan logam yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar