Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lahat

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lahat . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Desa tersebut dikenal sbg pusat pengrajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta sebagainya namun masa ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior cafe, kantor, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta serta luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kendari. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya design pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, industri Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif serta diwajibkan memantau keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak hanya meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari palu. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna memproduksi seni tembaga yang bermutu serta cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar